10 Hal Penting Setelah Install WordPress

10 Hal Penting Setelah Install WordPress

Artikel di bawah ini sangat penting untuk dibaca bagi yang belum terbiasa bekerja menggunakan WordPress. Kami batasi pada 10 hal penting yang musti dilakukan setelah proses instalasi WordPress selesai.

Untuk tutorial dalam bentuk video bisa dilihat di tautan

Tapi kalau lebih suka dengan tulisan dan perlu penjelasan lebih detail, baca terus ya.

  1. Ubah Title, Tagline, Time zone, dan Favorite Icon
    Masuk ke menu Settings, pilih General. Ubah kolom Title dan Tagline yang sesuai untuk website Anda.
    Title-and-tagline
    Kemudian Scroll ke bawah untuk menampilkan kolom Timezone. Sesuaikan waktunya. Hal ini berkaitan dengan informasi tanggal & waktu website Anda, juga berhubungan dengan Scheduling Posts.

 

  1. Ubah struktur Permalink

Permalink adalah istilah yang digunakan untuk URL sebuah halaman web baik itu berupa posting maupun halaman statis. Seperti namanya, Permalink bersifat permanen sehingga menjadi identitas sebuah halaman blog . Setingan awal permalink WordPress kurang disukai mesin pencari Google. Untuk itu perlu diubah agar SEO website berjalan lebih maksimal. Buka menu Settings, pilih Permalink. Ada 2 pilihan yang direkomendasikan yaitu Day and Name atau Post Name.

 

  1. Mengkonfigurasi Setingan Baca

Setingan ini digunakan untuk menampilkan konten di WordPress. Seperti bagaimana tampilan halaman utama (front page) website, apakah berupa halaman statis (page) atau konten yang terakhir diposting.

  1. Hapus Theme Yang Tidak Diperlukan

Seringkali kita akan mencoba berbagai macam Theme untuk website kita sebelum memutuskan mana yang akan kita gunakan. Bahkan percobaan ini bisa lebih dari beberapa kali dan meninggalkan theme yang tidak digunakan. Engine framework WordPress secara berkala akan mengecek apakah ada update terbaru untuk setiap theme-theme tersebut. Juga bisa jadi terdapat celah dalam theme tersebut bagi hacker untuk menembus website secara ilegal.

  1. Install Cache Plugin

Cache Plugin memungkinkan proses pengaksesan konten website menjadi lebih cepat. Juga mencegah website error ketika terjadi akses yang berat atau banyak dalam waktu yang sama. Beberapa plugin yang bisa dijadikan pilihan:

  • W3 Total Cache, disebut sebagai yang terbaik saat ini oleh banyak pemakai framework WordPress
  • WP Super Cache, mudah instalasi dan penggunaannya namun tetap powerful.

Untuk pemasangan plugin di atas, Anda bisa mencari tutorialnya di internet dan pastikan itu tutorial yang paling up-to-date sesuai dengan plugin pilihan Anda.

 

  1. Perbaiki Keamanan Blog WordPress Anda

Masalah keamanan selalu didahului dengan backup data maupun script website. Jalankan backup secara berkala untuk memastikan kita mendapatkan cadangan data dan script website kita yang terbaru. Terdapat beberapa pilihan cara maupun plugin backup yang bisa kita cari di internet. Kemudian kita perlu untuk melindungi halaman Admin website kita.

WordPress menggunakan Sucuri untuk keperluan keamanan website. Halaman di WPBeginner ini menjelaskannya secara detail dan agak teknis.

 

  1. Install Anti-Spam Plugin

Spam membuat konten website kita menjadi berantakan, terkesan kurang terjaga, dan yang paling merugikan adalah sangat merugikan untuk kepentingan SEO. Spam ini biasa terjadi pada kolom-kolom isian yang ada pada website, dan yang paling rentan adalah kolom komentar di setiap artikel yang kita posting.

Untuk mengurangkan resiko spam, kami menganjurkan untuk menginstall plugin anti-spam pada website. Beberapa plugin di bawah ini layak untuk dijadikan pilihan. Tutorial untuk masing-masing plugin bisa dilihat langsung di website mereka.

  • Akismet, sangat powerfull terutama yang versi premium. Anda bisa menggunakan versi gratisannya dengan fitur dan kemampuan terbatas
  • Antispam Bee, salah satu plugin terbaik untuk mengatasi spam yang sangat mengganggu.

 

  1. Install Plugin Untuk SEO

SEO akan selalu menjadi topik yang selalu diburu. Bagaimana agar website kita bisa mendapatkan ranking atas di mesin pencari besar terutama Google. Dari berbagai macam metode dan perangkat yang bisa dipakai, kami menyarankan agar Anda memasang WordPress SEO Plugin dari Yoast. Walaupun tidak secara otomatis berdampak pada website, setidaknya plugin ini memudahkan kita dalam urusan SEO. Untuk tutorial instalasi dan penggunaannya bisa langsung dibaca pada tautan di atas.

  1. Optimalkan Plugin Untuk Media Sosial

Media sosial memberikan dampak yang luar biasa pada penyebaran informasi. Jangan tunda untuk menyebarkan konten dan tautan website di berbagai media sosial besar. Semakin menarik dan diperlukan banyak orang, semakin cepat pula website akan tersebar. Saran kami segera instal plugin yang digunakan untuk menyebarkan konten & tautan website Anda ke berbagai macam media sosial. Kami merekomendasikan salah satu layanan yang telah membantu banyak para IM untuk pos konten secara otomatis & terjadwal ke Wall dan Group di Facebook menggunakan Facebook Schedule Post. Anda bisa juga mencari plugin lainnya untuk Twitter, Instagram, dll yang banyak tersedia di internet.

  1. Backup Secara Berkala

Ketika kita sudah melakukan instalasi, konfigurasi, entri dan akhirnya website sudah bisa berjalan, selanjutnya adalah memastikan bahwa backup script & data website dilakukan secara berkala. Akan sia-sia bila website yang sudah berjalan dengan baik sewaktu-waktu ada kerusakan dan kita tidak bisa menaikkannya kembali, atau bisa naik tapi tidak memungkinkan untuk mengembalikan setingan dan konten yang paling up-to-date.

Backup bisa dilakukan secara manual dan kapan saja atau otomatis secara berkala. Bisa dilakukan melalui Control Panel hosting kita atau memanfaatkan plugin backup di WordPress yang banyak tersedia. Berikut adalah 7 pilihan plugin backup terbaik menurut kami yang bisa dijadikan alternatif.

Perlu diperhatikan, sebelum menginstalasi WordPress dan melakukan 10 hal di atas, Anda terlebih dahulu harus mencari tempat hosting yang terpercaya dari segi kualitas, kinerja, keamanan, dan bantuan/dukungan bila terjadi error. Akan sia-sia konfigurasi yang Anda lakukan bila tempat WordPress itu berada tidak berkualitas baik. Kami merekomendasikan cloud-hosting Marabunta-host yang memang sudah sejak lama beroperasi dan telah terbukti handal.

Demikian tutorial kita kali ini, akan kami update bila ada tambahan informasi. Semoga bermanfaat.

About the Author

Leave a Reply