Mencari Tahu Versi WordPress Yang Dipakai

Mencari Tahu Versi WordPress Yang Dipakai

 

Kita seringkali ingin tahu atau lupa versi berapa WordPress yang kita gunakan. Hal ini penting untuk memastikan apakah WordPress kita sudah yang paling up-to-date atau belum, atau apakah plugin tertentu bisa berjalan di WordPress versi kita saat ini, dan lain-lain. Walaupun sebenarnya engine WordPress juga secara otomatis nanti akan memberikan peringatan bila versi yang kita pakai sudah tidak up-to-date lagi. Tidak ada salahnya kita tahu bagaimana cara untuk mengetahuinya. Mudah kok.

Pertama, masuk ke halaman Admin. Scroll ke bawah sampai habis di halaman Dasbor. Di bagian bawah halaman tertulis angka versi berapa WordPress yang sedang kita pakai.

Namun ada kalanya ketika Anda bukan sebagai Super Admin atau Pemilik (owner) blog WordPress, Anda tidak menemukan tulisan versi ini dikarenakan beberapa sebab seperti:

  1. Orang yang menginstall WordPress Anda mungkin menonaktifkan tampilan versinya di halaman Admin
  2. Anda mungkin tidak mempunyai hak akses Administrator di halaman Admin
  3. Blog WordPress tersebut milik orang lain dan Anda tidak mempunyai akses ke dalamnya.

Jika Anda mempunyai ke-3 kendala di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui versinya, bisa juga untuk mengetahui versi WordPress orang lain, walaupun tidak selalu bisa berhasil. Beberapa metode yang bisa dilakukan:

  1. Membuka source code HTML website tersebut.

Metode ini bisa dilakukan bila Pemilik WordPress tidak menonaktifkan informasi versinya. Masuk ke halaman blognya. Pada area kosong dalam halaman tersebut, klik kanan – View page source. Pada beberapa peramban (browser) bisa langsung kita tekan F12 atau Ctrl U. Peramban tersebut akan membuka tab/jendela baru dan menampilkan kode-kode HMTL dari website tersebut. Di bagian atas cari tag meta name=”generator” content=”Wordpress”, contohnya seperti ini <meta name=”generator” content=”WordPress 4.4.2″ />. Dari contoh tersebut diketahui versinya adalah 4.4.2

.

 

  1. Mengakses file readme.html

Setiap bundel file instalasi WordPress selalu disertakan file readme.html. Bila Pemilik website tidak menghapus atau memblok pengaksesan file readme.html, Anda bisa mengaksesnya untuk mengetahui informasi WordPress versi berapa yang sedang Anda akses. Cara mengaksesnya melalui browser Anda, ketik alamat halaman blog WordPress tersebut diikuti readme.html. Contoh: http://sebuahblogwp.com/readme.html

  1. Melalui halaman Login untuk masuk ke halaman Admin

Langkah ini bisa dilakukan apabila pemilik website WordPress tidak menonaktifkan halaman loginnya yang beralamat di http://sebuahblogwp.com/wp-login.php menggunakan file .htaccess. Bila Anda bisa mengaksesnya, segera buka source code HTML-nya dengan klik kanan area kosong di halaman tersebut – View page source, atau tekan F12, atau Ctrl U. Akan Anda dapati beberapa tulisan file css dengan ekstensi .css diikuti dengan tulisan versinya, misal <link rel=’stylesheet’ id=’buttons-css’  href=’http://sebuahblogwp.com/wp-includes/css/buttons.min.css?ver=4.4.2′ type=’text/css’ media=’all’ />. Dari situ ketahuan versinya adalah 4.4.2.

Demikian tutorial kita kali ini. Silakan tinggalkan komentar bila ada pertanyaan. Terima kasih.

About the Author

Leave a Reply