Pentingnya Membangun Daftar Email Untuk Bisnis Anda

Pentingnya Membangun Daftar Email Untuk Bisnis Anda

 

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa banyak sekali ditemukan metode pengumpulan email di internet. Bisa jadi Anda pun mengalami kejadian di mana Anda diminta untuk memasukkan email ketika menerima penawaran tertentu di internet, atau mengunduh file/ebook gratis maupun berbayar.

Banyak para blogger maupun pemilik bisnis online kurang mengambil perhatian terhadap pentingnya membangun daftar email. Percayalah, dampaknya luar biasa, baik terhadap trafik website maupun langsung kepada penghasilan Anda.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas pentingnya membangun daftar email, dan apa saja tahapan untuk segera memulainya.

Pengertian Email Marketing

Pemasaran melalui email (Email Marketing) adalah suatu cara untuk memasarkan produk atau layanan kita secara langsung kepada orang-orang atau grup tertentu. Setiap email yang dikirimkan kepada konsumen potensial disebut sebagai email marketing. Teknik ini terbilang jadul (jaman dulu) dan konvensional di dunia online, tapi ia tidak lekang oleh perubahan teknologi sampai sekarang, bahkan tetap sebagai metode unggulan.

Apa Itu Daftar Email dan Kenapa Menjadi Begitu Sangat Penting

Daftar Email (Email List) adalah senarai nama dan alamat email orang-orang yang telah memberi kita izin untuk mengirimkan informasi, tips, penawaran, maupun informasi produk & layanan melalui email.

Mengapa sangat penting? Karena mereka dengan suka rela mendaftarkan emailnya kepada kita, yang artinya mereka ada ketertarikan dengan produk maupun bisnis yang kita jalankan. Berdasarkan pada Direct Marketing Association, rata-rata pemasaran melalui email mendapati 4300 persen ROI (Return On Investment) untuk bisnis di Amerika. Luar biasa bukan?

Dalam jenis bisnis kita, konversi pemasaran melalui email mencapai 10x lipat lebih tinggi berbanding pemasaran melalui media sosial. Sangat masuk akal bila Anda berpikir ada 5 keuntungan menggunakan email sebagai chanel komunikasi.

  1. Email Bersifat Personal
    Ia merupakan jenis komunikasi yang langsung diterima oleh pemilik akun email tersebut dan bersifat sangat personal, serta rahasia.
  2. Email Penuh Arti & Tujuan
    Orang-orang yang sengaja bersedia memberikan alamat emailnya kepada Anda, mereka memang bersedia menerima atau bahkan sedang menanti informasi atau promo yang Anda kirimkan melalui email mereka.
  3. Email Tertarget
    Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, mereka yang bersedia berlangganan informasi melalui email dikarenakan merasa tertarik dengan produk atau layanan Anda. Karena Anda mengetahui apa minat mereka, Anda bisa mengirimkan konten berkualitas yang relevan yang nantinya bisa mencapai tujuan Anda, seperti terjadinya transaksi pembelian. Adanya daftar email ini juga menjadikan konten informasi yang Anda kirimkan tepat mengarah hanya kepada orang-orang yang memang menginginkannya saja. Dengan melakukan ini secara otomatis kita juga melakukan segmentasi pelanggan.
  4. Anda Memiliki Daftar Email Anda Sendiri
    Sosial Media yang sekarang sedang trend saat ini memang sangat membantu aktifitas kita sebagai pelaku bisnis. Sebagai tempat menyebarkan informasi tentang usaha kita dan mencari pelanggan-pelanggan baru. Namun adakalanya terjadi perubahan Kebijakan (Policy) yang bisa mengganggu usaha kita, seperti adanya larangan baru untuk berjualan memakai akun pribadi, larangan untuk posting URL yang mengandung tautan afiliasi, dan lain sebagainya.Sedangkan dengan daftar email yang Anda miliki, Anda tidak tergantung oleh kebijakan apapun. Sepenuhnya ada di tangan Anda bagaimana Anda menggunakannya.
  5. Hubungan Email Satu-Satu
    Email merupakan komunikasi 2 arah antara pengirim dan penerima yang bersifat personal dan rahasia. Privasi antara kedua orang sangat terjaga selama mereka tidak mengeksposnya kepada pihak lain. Hal ini membantu untuk membangun koneksi & kepercayaan.

Poin-poin di atas jugalah yang menjadi alasan banyak pelaku bisnis kreatif memiliki daftar email para peminat.

Perusahaan-perusahaan besar pun telah mempelajari hal ini sejak lama, melalui investasi ribuan dolar iklan di media sosial untuk menarik user agar mendaftarkan email mereka.

Melihat begitu pentingnya daftar email ini, kita bisa melihat hampir semua web-web besar dan terkenal seperti facebook, youtube, twitter, instagram, dan lain-lain semuanya meminta kita memasukkan email sebagai syarat untuk bisa registrasi. Mereka tentu saja ingin menyimpan email kita dalam daftar mereka.

Lalu, apa yang kita bisa lakukan untuk mendatangkan dan membangun daftar email kita sendiri?

Sebenarnya untuk teknik pengumpulan email ini akan ada pembahasan tersendiri, tapi sebagai pengantar maka kami berikan garis besarnya saja terlebih dahulu.

Ada 3 hal yang bisa kita lakukan untuk memulainya.

  1. Sebuah website atau blog

Saya tidak akan membahas poin ini karena saya rasa kita semua sudah bisa membuat blog sendiri, baik menggunakan WordPress, Blogspot, Joomla, maupun yang lainnya. Dalam website kita sediakan form agar user bisa memasukkan email mereka untuk mengirimkan komentar, mengirimkan pertanyaan, atau berlangganan informasi dari kita.

  1. Sebuah layanan email marketing

Banyak sekali terdapat layanan email marketing di internet baik yang gratis maupun berbayar. Mereka datang dengan fiturnya masing-masing. Saya berikan beberapa daftar layanan tersebut di sini, mengenai fitur apa saja yang Anda perlukan bisa dibaca di website mereka masing-masing. Berikut daftarnya:

 

  1. Form Opt-in yang tinggi nilai konversinya

Rekomendasi kami adalah layanan Optin Monster yang ada di alamat http://optinmonster.com/ Silakan Anda mengunjungi website tersebut untuk mendapatkan penjelasan detailnya.

Ketiga hal di atas sangat mudah membuatnya dan tidak memerlukan pengetahuan teknis sedikit pun. Saya rasa sekian dulu pembahasan kita kali ini. Silakan meninggalkan komentar bila ada pertanyaan. Terima kasih.

 

About the Author

Leave a Reply